Daerah  

270 PPS Banda Aceh Dilantik, Ini Pesan Bakri Siddiq

270 PPS Banda Aceh Dilantik, Ini Pesan Bakri Siddiq

Banda Aceh – Sebanyak 270 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Banda Aceh yang akan bertugas pada Pemilu Serentak 2024 resmi dilantik. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Selasa, 24 Januari 2023.

Seluruh anggota PPS dikukuhkan oleh Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh Indra Milwady dan turut disaksikan oleh unsur Forkopimda dan para camat se-Banda Aceh. Ke-270 anggota PPS tersebut ditugaskan di 90 gampong dan di setiap gampong akan ditempatkan tiga orang anggota PPS.

Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengatakan, masyarakat Kota Banda Aceh menaruh harapan yang besar agar para anggota PPS yang baru dilantik agar dapat bekerja secara profesional demi terlaksananya pemilu yang berkualitas, damai, dan sejuk.

Bakri menjelaskan, PPS memiliki tugas dan wewenang yang sangat strategis. Oleh karenanya, sangat penting bagi anggota PPS untuk dapat melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan baik, mengingat keberadaannya sebagai ujung tombak dalam suksesnya penyelenggaraan pemilu.

“Indikator untuk mengukur suksesnya pemilu dapat ditandai dengan suksesnya kerja-kerja pihak penyelengara pemilu, yang dimana PPS termasuk di dalamnya,” katanya.

“Untuk itu, anggota PPS harus mampu bersikap proaktif dalam pemilu yang akan datang. Segera bangun koordinasi dengan pihak penyelenggara lainnya, agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik dan sebagaimana mestinya,” katanya.

Kepada anggota PPS yang baru saja dilantik, pj wali kota juga berpesan untuk menjaga amanah yang dipercayakan kepada para anggota PPS. “Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Teruslah bekerja dengan sepenuh hati dan selalu memberikan yang terbaik demi kemaslahatan warga Kota Banda Aceh yang kita cintai ini,” ujar Bakri.

Sementara Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady, mengatakan, seleksi anggota PPS sebelumnya telah dilakukan dengan sistem CAT dan dinilai secara objektif. “Secara umum, kualitas PPK dan PPS tahun ini diharapkan lebih baik dari pada sebelumnya,” ujarnya.

“Saudara yang lulus ini murni atas dasar kemampuan sendiri. Jika ada yang kurang percaya diri, jangan sungkan untuk meminta bantuan yang lainnya,” katanya seraya mengingatkan PPS selaku penyelenggara pemilu tetap memiliki hak pilih tapi bukan hak partisipan. ®

Sumber: Diskominfo Banda Aceh