Daerah  

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Gelar Lomba Balita Sehat

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Gelar Lomba Balita Sehat

Banda Aceh – Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 (HKN), Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Seksie Kesehatan Keluarga dan Gizi menyelenggarakan kegiatan Lomba Balita Sehat Se-Kota Banda Aceh yang berlangsung di Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Senin (20/11/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran serta kemandirian masyarakat dalam pola asuh, pemantauan pertumbuhan, dan perkembangan balita, sekaligus memberikan pembinaan kesehatan balita sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan stunting serta masalah gizi lainnya.

Lomba Balita Sehat merupakan bagian dari upaya bersama untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap kesehatan anak dan menjadikan peringatan Hari Kesehatan Nasional sebagai momentum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Banda Aceh.

Kadinkes Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes dalam sambutannya menerangkan bahwasannya Lomba Balita Sehat ini melibatkan beberapa aspek penting, antara lain menilai status gizi balita, melakukan pemeriksaan fisik dengan memperhatikan 10 tanda kesehatan pada balita, mengevaluasi status imunisasi balita, mengukur pertumbuhan balita, dan menilai perilaku sehat ibu dan balita.

“Melalui Lomba Balita Sehat ini, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman orang tua terkait pentingnya menjaga status kesehatan anak-anak mereka. Selain itu, diharapkan kegiatan ini mampu memicu semangat dan motivasi tinggi bagi orang tua balita untuk proaktif dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan anak-anak mereka,” Ungkap Lukman.

Adapun Peserta lomba Balita Sehat berjumlah 33 Peserta berasal dari berbagai wilayah di Kota Banda Aceh, dan proses penilaian dilakukan oleh tim ahli kesehatan yang terampil dan berpengalaman dalam bidang kesehatan anak.[]

Sumber: Diskominfo Banda Aceh