Daerah  

Pj Wali Kota Sambut Pejabat KAHP Korea, Bahas Kerjasama Bidang Kesehatan

Pj Wali Kota Sambut Pejabat KAHP Korea, Bahas Kerjasama Bidang Kesehatan

Banda Aceh – Pejabat dari Korean Association for Health Promotion (KAHP) mengunjungi Balai Kota Banda Aceh.

Rombongan yang dipimpin Wakil Direktur KAHP, Mr Hyun Seung Kim disambut langsung Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin bersama Kadinkes Lukman dan para pejabat dari RSU Meuraxa di Balai Kota, Senin (19/2/2024).

Mr Kim mengatakan pihaknya akan menjajaki program kerjasama bidang kesehatan dengan Pemko Banda Aceh.

Ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan KAHP ke Banda Aceh setelah sukses melaksanakan program kesehatan di sekolah-sekolah dengan membangun Unit Kesehatan Sekolah (UKS). KAHP bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dalam proyek ini, yang telah memberikan bantuan kepada 60 sekolah di Banda Aceh.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk membantu penanganan dan pengendalian penyakit tidak menular di wilayah tersebut. Tahap awal akan dilakukan survei langsung ke gampong-gampong (desa) untuk memeriksa kondisi kesehatan masyarakat. Hasil survei ini akan menjadi dasar dalam merancang program bantuan kesehatan yang lebih terfokus dan efektif.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, mengapresiasi inisiatif KAHP dan meminta agar program ini dipercepat. Ia menyoroti peningkatan tren penyakit tidak menular di Banda Aceh dan menegaskan kesiapan Pemerintah Kota untuk mendukung program tersebut. Para kepala instansi terkait telah diperintahkan untuk memberikan segala bentuk bantuan dan fasilitas kepada tim KAHP selama melakukan survei di ibukota provinsi Aceh.

Langkah ini menunjukkan komitmen KAHP Korea bersama KOICA dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Banda Aceh.[]

Sumber: Diskominfo Banda Aceh