Daerah  

Amiruddin Dukung Penuh Pelatihan Konveksi bagi Gugus Tugas KLA

Amiruddin Dukung Penuh Pelatihan Konveksi bagi Gugus Tugas KLA

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, S.E, M.Si mendukung penuh pelatihan konveksi bagi gugus tugas Kota Layak Anak (KLA) di Kota Banda Aceh, yang berlangsung Rabu (12/6/2024) di Hotel Kryad Muraya.

Amiruddin Menjelaskan bahwa mewujudkan Konveksi Hak Anak (KHA) bukan hanya tanggung jawab Dinas P3AP2KB, tapi juga membutuhkan peran dan kontribusi dan kolaborasi semua pihak termasuk gugus tugas KLA sendiri.

‘’Kita semua memiliki tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang optimal,” sebutnya.

Menurutnya, semua memiliki tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara optimal.

Khususnya gugus tugas KLA yang telah dibentuk terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yang bekerja bersama-sama untuk mewujudkan KLA disuatu wilayah.

Kepala DP3AP2KB Cut Azharida, SH mengatakan pelatihan ini penting agar gugus tugas KLA dapat meningkatkan perkembangannya dan langkah-langkah strategis dalam implementasi pemenuhan hak anak berdasarkan isi KHA.

Hal ini juga diperkuat dengan Qanun No 2 Tahun 2021 pasal 24 tentang Kota Layak Anak, Pemko diharuskan untuk menyelenggarakan dan memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia tentang Konvensi Hak Anak bagi seluruh anggota Gugus Tugas Kota Layak Anak secara berkala dan berjenjang sesuai dengan kebutuhannya.

Pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini dan besok, diharapkan agar para pemangku kebijakan memahami betul apa itu konvensi hak anak sehingga hak anak mampu terpenuhi.

“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman para gugus tugas KLA, kemudian kita bersama dapat mengimplementasi konvensi hak anak menjadi sebuah kebijakan. Selain itu, kapasitas SDM di bidang perlindungan dan pemenuhan hak anak dapat berkembang menjadi langkah strategis berdasarkan Kovensi Hak Anak,” harapnya.

“Dan juga mudah-mudahan tahun 2024 (tahun ini) kita berusaha meningkatkan predikat KLA ke jenjang yang lebih baik,” tutupnya.(Cin/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh